Tafsir Tematik

BElajar Metode Tematik

Wednesday, August 30, 2017

Dedikasi Blog Tafsir Tematik


Blog sederhana ini memuat studi kajian tafsir tematik al Qur'an, kajian tematik akhir khir ini sangat diminati oleh para sarjana muslim, terbukti dengan berbagai karya terlahir yang bila disisir lebih seksama maka didalamnya mengandung metode penafsiran al Qur'an dengan menggunakan metode tematik.

Metode tamatik adalah salah satu cara mengungkap isi kandungan al Qur'an dengan pendekatan tema atau kata kunci, asumsi yang dibangun adalah adanya kesatuan tema dalam al Qur'an. Penyajiannya sangat khas melampaui metode metode sebelumnya kurang memuaskan karena bertele-tele, parsial dan penjelasannya bersifat atomistik.

Kehadiran metode tematik diharapkan bisa menggali informasi lebih mendalam dari al Qur'an secara utuh dari berbagai aspek, kebahasaan, historis, budaya Arab pada masa itu, kemudian disinkronisasi dengan kekinian, tujuan yang hendak dicapai dalam penafsiran ini adalah lahirnya produk tafsir yang mampu menjawab problem kekinian. Sehingga adagium Al Qur'an sebagai kita shalih lil zaman wal makan benar benar terwujud secara nyata.
dalam blog ini antara lain berbicara al-Qur'an berbicara tentang ikhlas beramal

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.